Islam Nusantara | Islam Nusantara NU | Islam Nusantara pdf Islam Nusantara Itu Apa | Islam Nusantara NU Online | Islam Nusantara dan Komitmen Kebangsaaan | Islam Nusantara Menurut Muhammadiyah | Islam Nusantara gus Muwafiq | Islam Nusantara Menurut UAS | Islam Nusantara menurut para Ahli | Tradisi Islam Nusantara | Islam Nusantara menurut NU |

Membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam adalah Obat segalam Macam Pernyakit


Sholawat kepada Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam
Sholawat kepada Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam

Sholawat adalah rahmat ta’dzim atau rahmat maghfiroh/ampunan dari Alloh SWT bagi si penerima sholawat. Allah Berfirman dalam Surat Al-Ahzab Ayat 56 : 

 ان الله وملئكـته يصلون على النبى يآأيها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما 

Sesungguhnya Alloh dan para malaikat-NYA bersholawat kepada Nabi ; wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kepada-Nya (Nabi) dan bersalam hormatlah sebaik-baiknya” 

Sholawat Alloh kepada Nabi Sholallohu ‘AlaihiWa Sallam berupa penambahan rahmat kemuliaan. Yang kepada selain kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam berupa rahmat maghfiroh-kasih sayang ampunan. Sholawat malaikat kepada kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam berupa permohonan pertambahan  rahmat kemuliaan kepada Alloh SWT bagi kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Yang bagi selain kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam berupa permohonan rahmat maghfiroh. Sholawat para ummat kepada kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam berupa penambahan rahmat kemuliaan bagi Kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Jadi rahmat kemuliaan kanjeng Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wa Sallam di sisi Alloh terus meningkat. Meningkat dan meningkat tidak ada batasnya.

Dalam hadist yang artinya kurang lebih : "Bersholawatlah kamu sekalian kepada-Ku. Maka sesungguhnya sholawat kepada-Ku itu merupakan penebus dosa dan pembersih bagi kamu sekalian. Dan barang siapa bersholawat kepada-Ku satu kali, Alloh memberi sholawat kepadanya sepuluh kali”. (Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Asyim an Anas bin Malik) 

Segala macam do’a itu terhijab (terhalang/tertutup) dari Alloh kecuali permulaan do’a berupa pujian kepada Alloh azza wajalla dan sholawat kepada Nabi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam kemudian berdo’a, maka do’a itu akan diijabahi” (HR. An-Nasa’i dari Abdulloh bin Basar).

Dalam kitab Taqriibul Ushul fii Tashiilil Wushul Lima’rifati Robi war-rusul Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam karangan Syaikh Zaini Dahlan :

“Sesungguhnya para Ulama’ sudah ittifaq bahwa sesungguhnya segala amal ibadah itu ada yang diterima dan ada yang ditolak, kecuali sholawat kepada Nabi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam. Karena sesungguhnya sholawat kepada Nabi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam itu diterima secara mutlak”. Diterima secara mutlak, artinya meskipun membacanya dengan hati yang tidak hudlur, tidak khusyu’, bahkan sekalipun dengan ujub, riya’ takabbur, amalan membaca sholawat itu tetap diterima. Adapun ujub, riya’, takabbur dan lain-lainnya itu ada perhitungan sendiri.

Ada banyak pendapat para Ulama’. Ada yang mengatakan wajib bil-ijmal, ada yang mengatakan wajib satu kali dalam hidup, ada yang berpendapat sunnah. Yang masyhur mengatakan sunnah muakkad. Tapi bacaan sholawat pada tahiyyat akhir sholat adalah wajib, karena termasuk rukunnya sholat.

Bagi kita para pengamal atau Pembaca Sholawat berkeyakinan dan menyadari bahwa membaca sholawat itu  merupakan keharusan budi nurani setiap insan khususnya kaum muslimin sebab :

1.  Melaksanakan perintah Alloh dalam surat Al-Ahzab 56 seperti tersebut di atas.
2.  Kita kepotongan budi dari kanjeng Nabi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam yang tidak dapat dihitung banyak dan besarnya, lahir, bathin, syar’an wa haqiqotan.

Bagi Lahir bathin sebagaimana firman Alloh Shubhanahu Wa Ta'ala ;
وماارسلناك الا رحمة للعالمين (الانبياء:107)
وماارسلناك الا كافة للناس بشيرا ونذيرا ولكن اكثر الناس لا يعلمون (34 سباء:28)



Syar’an : Hukum-hukum syariat yang mengatur kehidupan kita yaitu hubungan masyarakat, keluarga/rumah tangga, dan hubungan kepada Alloh wa Rosuulihi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam (حبل من الله وحبل من الناس).

Bidang Haqiqotan :
خلقتك من نورى وخلقت الخلق من نورك (حديث قدس)
خلقتك لاجلى وخلقت الخلق لاجلك (حديث قدس)    
لولاك لولاك ما خلقت الافلاك (حديث قدس)
3.  Manfaatnya membaca sholawat kembali kepada diri yang membaca.
4. Dawur Romo Muallif Sholawat Wahidiyah, membaca sholawat adalah ibadah sunnah yang paling gampang dan diberi berbagai kebaikan yang tidak diperolah dalam ibadah sunnah seperti dzikir, baca Al-Qur’an, sholat sunnah dan lain-lain. Antara lain : sekali membaca sholawat spontan mendapat syafa’at dari Rosuululloh Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam, spontan mendapat sholawat dari Alloh SWT dan dimohonkan maghfiroh oleh para malaikat.
Sekali membaca sholawat, berarti ingat atau dzikir kepada Alloh dan kepada Kanjeng Nabi Sholallohu 'Alaihi Wa Sallam
من ذكرنى فقد ذكرالله  ومن صلى علي ناطق بذكر الله.

Masih Banyak lagi faedah/manfaat sholawat bagi si musholli atau pembaca sholawat